ISLAM

Agama ini disebarkan oleh manusia terbaik dengan tutur kata halus dan perangai lembut sehingga agama ini bisa tersebar luas, bahkan menjadi agama yang perkembangannya paling pesat. Memasuki zaman dimana semua bisa mendengar, melihat dan membaca secara bebas, agama ini dijadikan sarana untuk melampiaskan segala sesuatu, terutama hasrat duniawi. Hasrat duniawi ini banyak ragamnya, mulai dari urusan nafkah sampai memperebutkan posisi penting dalam masyarakat.

Khususnya di Indonesia, agama ini terlihat menjadi agama yang penuh amarah. Agama ini seolah hanya diisi orang-orang yang bersumbu pendek. Jika tidak sependapat maka akan dilabelkan sebagai orang yang munafik, yang tidak seiman mereka lantang berkata kafir. Bukan hanya dari level masyarakat awam, bahkan dari mereka yang mengaku ulama, ramai-ramai menyebarkan wajah baru agama ini, sehingga tampilan yang disuguhkan kepada orang-orang yang belum tau apapun soal agama ini menjadi mempunyai persepsi bahwa agama ini adalah agama penuh amarah.

ISLAM, Dari segi bahasa, ISLAM berasal dari kata aslama yang berakar dari kata salama. Kata ISLAM merupakan bentuk mashdar (infinitif) dari kata aslama ini.
الإسلام مصدر من أسلم يسلم إسلاما

Ditinjau dari segi bahasanya yang dikaitkan dengan asal katanya, ISLAM memiliki beberapa pengertian, salah satunya adalah:
Berasal dari ‘salm’ (السَّلْم) yang berarti damai.

Dalam al-Qur’an Allah SWT berfirman (QS. 8 : 61)
وَإِنْ جَنَحُوا لِلسَّلْمِ فَاجْنَحْ لَهَا وَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Dan jika mereka condong kepada perdamaian, maka condonglah kepadanya dan bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Kata ‘salm’ dalam ayat di atas memiliki arti damai atau perdamaian. Dan ini merupakan salah satu makna dan ciri dari ISLAM, yaitu bahwa ISLAM merupakan agama yang senantiasa membawa umat manusia pada perdamaian.

Jangan lupa, agama ISLAM konsisten dengan 2 prinsip, La Ikro Ha Fiddin, tidak ada paksaan dalam agama. Dan prinsip lain, Lakum Dinukum Waliyadin, bagimu agamamu dan bagiku agamaku. Memberi hidayah merupakan hak prerogative Allah SWT, kita cukup menasehati dan mendoakan. Jangan mengambil peran Allah untuk memakasakan agama ISLAM pada mereka yang belum tentu diberi hidayah oleh ALLAH SWT.

ISLAM kini direpresentasikan oleh orang-orang yang penuh amarah dalam menyampaikan ajaran agamanya. Sedih, miris dan kesal. Itu yang saya rasakan. Mereka tau bahwa media dikuasai pihak yang tidak pro dengan ISLAM, tingkah mereka justru menjadi santapan lezat bagi media. ISLAM bukan agama superior, tapi ISLAM adalah agama yang besar, agama yang harusnya terlihat sebagai agama yang santun, welas asih, dan bersahabat bagi sesama muslimin dan non muslim. Karena jika seluruh umat muslim beramai-ramai menunjukkan sifat-sifat baik tersebut, maka mereka yang mengagendakan untuk menjatuhkan ISLAM akan merasa kalah dan akan berpikir lebih keras untuk mendapatkan ide bagaimana cara menjatuhkan AGAMA yang saya anggap sempurna ini.

Amarah umat ISLAM memang sering dipancing dengan berbagai cara. Mulai dari perusakan image sampai kegiatan pembantaian di beberapa tempat konflik. Tidak ada agama yang diserang begitu dahsyatnya selain ISLAM. Menurut saya, dalam menyikapi hal ini umat ISLAM harus bersatu untuk menunjukkan wajah ISLAM yang sebenarnya, wajah ISLAM yang dikemmbalikan dari makna ISLAM itu sendiri, yaitu DAMAI. Marah, silahkan, itu hak prerogative kita sebagai manusia, tetapi setelah marah, ada tindakan yang harus dilakukan, tindakan yang justru tidak kembali menodai nama ISLAM. Percayalah, jika umat muslim sedunia menampilkan ISLAM yang santun dalam menghadapi masalah, akan banyak non muslim yang dengan sendirinya mempelajari ISLAM dan mendapatkan hidayah ALLAH SWT.

Jika kita marah, lalu berujung pada tindakan yang berakibat pada terbukanya pintu dosa lain, banyak pihak merasa menang akan tindakan kita tersebut.

Mari kita sempitkan lingkupnya, yaitu lingkup JAKARTA. JUJUR DEMI ALLAH SAYA BUKAN PENDUKUNG AHOK. Saya tidak punya kapasitas apapun untuk mendukung Gubernur DKI, Basuki aka AHOK. Saya orang Tangerang. Bahkan saya tidak mendukung Jokowi Ahok ketika pilgub sebelumnya, saya memilih untuk mendukung Faisal Basri, bahkan saya sampai membeli merchandise berupa t-shirt INDEPENDEN sebagai bentuk dukungan kepada beliau. Kenapa? Simple, karena saya orang yang sudah antipati dengan partai. Saya orang yang beranggapan bahwa INDONESIA TIDAK AKAN MAJU JIKA MASIH MENGANUT SISTEM BANYAK PARTAI POLITIK, KARENA SEMAKIN BANYAK PARTAI POLITIK, MAKA SEMAKIN BANYAK KEPENTINGAN. Itulah mengapa saya mendukung Faisal Basri.

Balik lagi ke Ahok. Pria ini buat saya adalah sosok dengan karakter ASAL BACOT. Mulai dari kata-kata kasar terhadap bawahannya yang lalai, pihak yang ingin menyelewengkan uang rakyat, bahkan dengan berani menyebut Alqur’an sebagai alat kebohongan. Saya konsisten, untuk kasus terakhir, SAYA MARAH. Saya menyatakan Ahok SALAH. Tapi saya memilih untuk memaafkan ketika Ahok meminta maaf. Buat saya, tidak ada yang lebih indah selain saling memaafkan. Tapi kalau memang hukum harus ditegakkan agar tercipta efek jera, ya silahkan, intinya saya sudah memaafkan.

Saya tidak sependapat dengan AKSI BELA ISLAM sehingga melibatkan ratusan ribu orang turun ke jalan dan menuntut Ahok diadili karena dianggap menistakan ISLAM. Janganlah menjadi kaum yang tidak kreatif sehingga seolah hanya ada satu cara dalam membela ISLAM pasca Ahok melakukan tindakan yang dianggap menistakan ISLAM. BANYAK CARA untuk membela ISLAM. Cara kemarin justru malah membuka pintu dosa lain yang berakibat nama ISLAM semakin hancur di mata orang awam. Image ISLAM PEMARAH semakin tersebar luas tatkala banyaknya ucapan-ucapan kasar nan anarkis terucap dari pihak yang merasa tersakiti oleh ucapan AHOK, entengnya mulut Ahmad Dhani saat menghina Presiden, hebohnya seorang Pak Haji yang secara terang-terangan membuat sayembara 1 Milyar bagi mereka yang berhasil membunuh Ahok, sampai ucapan BUNUH AHOK seolah HALAL diucapkan bagi kaum yang katanya sedang membela ISLAM. Bukankah hal-hal tersebut justru menistakan agama ISLAM? Coba tanya pada diri Anda sendiri, apakah mereka tidak menistakan agama yang selama ini kalian bela?

Cobalah untuk lebih kreatif dan arif dalam membela ISLAM. Kalau saya boleh kasih contoh, silahkan turun ke jalan, berkumpul, sholat berjamaah dan berdoa bersama untuk mendoakan Indonesia agar dipimpin oleh pemimpiin yang amanah dan baik akhlaknya. Terus setelah itu mereka yang turun ke jalan menebarkan senyum, berfoto dan post di social media masing-masing, BEUUUUUUH indah dan mantap betul rasanya. Nama ISLAM akan harum dan saya yakin aksi tersebut akan menimbulkan simpati positif bagi orang yang tidak mengenal ISLAM.

Saya sering berbeda pendapat dengan banyak teman saya di Facebook, bahkan saya dilabelkan sebagai orang MUNAFIK dan BELUM DAPAT HIDAYAH. Sakit. Marah. Dan terkucilkan. Itu diucapkan oleh saudara seiman saya sendiri. Saya bukan membela AHOK, saya justru membela ISLAM. Saya sangat marah ISLAM dijadikan kendaraan berbagi pihak untuk melancarkan kepentingannya. Dalam pandangan saya, kejadian AHOK ini sudah dimobilisasi oleh pihak yang punya kepentingan POLITIK. Tidak perlu kuliah bertahun-tahun untuk melihat hal ini, cukup melihat siapa saja yang berada di mobil konvoi Habib Rizieq. Coba Anda teliti lagi, ada siapa di sana? YAK! Ada Fadli Zon dan Fahri Hamzah. Fadli Zon, yang seminggu ikut AKSI BELA ISLAM, justru mendukung presiden Trump yang jelas-jelas ANTI ISLAM. Logika simple ini harusnya bisa dicerna mereka yang kadung melabelkan diri mereka PEMBELA ISLAM. Tapi sayangnya, mereka yang bertujuan membela ISLAM sudah terlanjur dibutakan oleh amarah yang disebarluaskan oleh orang yang mereka anggap ulama. Ajakan bela ISLAM dilontarkan dengan teriakan-teriakan yang memunculkan urat dari sang ulama. Percayalah, memaafkan juga bagian dari membela ISLAM.

Umat ISLAM itu KREATIF, SANTUN dan BAIK. Harusnya itu POSITIONING yang harus disebarluaskan, bukan KASAR, ANARKIS dan KAMPUNGAN.

Karena, jika sikap negative ini yang selalu ditunjukkan umat muslim, maka jangan heran kalau ISLAM akan semakin ASING bagi umat manusia di masa depan.

Advertisements

Things Change

Semakin kita beda, semakin asing kita bagi mereka

Sayangnya pemikiran lurus jadi hal yang asing sekarang. Semakin kita lurus malah semakin aneh kita di hadapan orang lain yang tergabung dalam mayoritas “ih kok lu lurus amat sih?”

Valentine Nih yeee

Hari ini valentine yah? Sebenernya gw males sih ngeblog beginian, toh gw ga dapet euforia apa-apa selain ngerayain kawinan salah satu sahabat gw, Bapak Ivan Padak Demon. Ciyeee kawiiiin.

Gw tergugah buat ngeblog beginian karena belom lama gw liat postingan FB salah satu temen FB gw yang intinya dia entah sebel, kesel atau emang lagi ngehe aja sampe dia protes ke postingan orang yang nolak valentina karena mereka muslim. Terus di postingannya ada embel-embel “Mendingan nolongin korban perkosaan, orang miskin sama anak putus sekolah” terus pake mojokin islam pula. Yaelah tong tong, bukan cuma karena lo mondar mandir di youtube, keluar masuk dunia maya semua omongan lo bisa dibilang bener. Terus pas gw komen “ga kaya lu ye kan? Udeh nolongin orang diperkosa, bantu orang miskin sama nolongin anak putus sekolah?”, eh ga lama postingannya diapus. Ketauan kan tololnya.

7
Asli gw panas banget sih, lagian apa salahnya sih ada orang yang coba speak up sesuai ajaran agama mereka? Toh apa yang mereka omongin ga nyinggung siapa-siapa. Mereka cuma bangga sama agamanya dan ajarannya. Kalo emang lo ga suka, ga usah sok tau buat ngatain sampe curiga sama agama lo sendiri. Kalo lo sadar ini tulisan buat lo, ya bagus, kalo pura-pura ga sadar ya lo makan tuh omongan lo soal nolongin orang diperkosa, orang miskin sama anak putus sekolah.

Pelajarannya gini boy, lo ga suka boleh, lo mau protes boleh, tapi yang cerdas, jangan sampe otak 128kbps lo keliatan di muka umum.

Salam hangat dari gw, adeknya Dwayne Johnson

TAP BENTENG EPS 2: SELEKSI

Setelah terpana melihat sang idola melintas di depan matanya, Anto semakin terpacu untuk meningkatkan skill Tap Benteng nya. Anto sangat ingin menunjukkan ke Ricky Astori bahwa dirinya merupakan calon atlit yang bisa diperhitungkan. Di dalam kamarnya yang hanya berukuran 4×3 meter dan terlihat berantakan oleh mainan-mainan yang sudah lama tidak dia mainkan, Anto memandangi poster idolanya yang tergambar dengan pose berlari sembari dikejar oleh salah satu lawannya yang sengaja dibuat blur oleh pembuat posternya. Dalam gumamnya Anto berkata, “Ricky harus liat gw main Tap Benteng, harus!”. Malam yang tidak terlalu dingin itu akhirnya habis oleh dengkuran ayahnya yang terdengar sampai kamar Anto.

Senin pagi merupakan saat-saat yang kurang digmari Anto karena dia dan seluruh isi sekolahnya harus mengikuti upacara bendera di lapangan sekolah. Upacara yang seharusnya diisi oleh pidato kepala sekolah ini harus digantikan oleh guru olahraga yang bernama Pak Dimas Nainggolan, laki-laki keutruan Batak Belgia ini ditugaskan untuk menggantikan kepala sekolah untuk berpidato di upacara yang rutin diadakan setiap hari Senin itu. Pak Dimas dengan badan tegap dan kumis tipisnya mulai menaikimimbar pidato setelah sang pemimpin upacara memberi perintah, “Amanat pembina upacara, ISTIRAHAT DI TEMPAAAAAT GRAAAAK!!”.

Pak Dimas pun mulai mengutarakan isi pidatonya.

“Assalamu’alaikum warrohmatullohi waa barokatuh, selamat pagi untuk seluruh guru yang saya hornati dan anak-anak yang saya sayangi. Di sini saya mewakili Bapak Kepala Sekolah untuk mengisi pidato yang saya rasa cukup penting untuk saya sampaikan kepada seluruh murid yang memiliki ketertarikan dengan Tap Benteng.” Mendengar itu Anto pun langsung memfokuskan diri untuk mendengarkan sembari berdiri dengan posisi istirahat di tempat.

“Jadi, beberapa hari yang lalu, sekolah kita kedatangan atlit Tap Benteng asal Singa Bandung, yaitu Ricky Astori…” Lanjut Pak Dimas yang diikuti oleh riuh dari murid-murid yang mengikuti upacara tersebut, tidak terkecuali Anto yang langsung menepuk pundak Andi dan berucap “Tuh kan! Kemaren tuh Ricky Astori beneran!”, Andi pun bingung apa maksud Anto, karena dia tidak melihat ada Ricky Astori.

“Mohon tenang anak-anak”, suara Pak Dimas memecah riuh yang terjadi di sela-sela pidatonya, ketika keadaan sudah agak tenang, Pak Dimas kembali melanjutkan pidatonya. “Jadi begini, pihak sekolah akan mencoba bekerjasama dengan Ricky Astori untuk membuat sebuah seleksi pemain Tap Benteng untuk sekolah ini, karena PERTABSI yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden Kak Seto akan membuat sebuah kejuaraan Tap Benteng untuk SD-SD di seluruh Indonesia. Ricky Astori akan menyeleksi wilayah DKI Jakarta, dan setiap provinsi akan diseleksi oleh para atlit Tap Benteng lain sembari menunggu Liga Tap Benteng Nasional kembali dimulai. Jadi siapkan diri kalian dengan terus berlatih, karena kalian akan bertanding dengan 1148 SD lainnya di seluruh DKI Jakarta agar bisa terpilih menjadi 10 orang saja, yang nantinya akan dikompetisikan bersama seluruh peserta dari 32 provinsi di Indonesia. Jadi teruslah berlatih dengan giat, karena Bapak harap ada ada perwakilan dari SD 11 ini yang bisa lolos dan menjadi perwakilan dari Provinsi DKI Jakarta.”, tiba-tiba ada murid yang bertanya dengan berteriak, “Kenapa harus Ricky Astori Pak?”, Pak Dimas pun langsung menjawab dengan santai, “Karena Ricky Astori adalah atlit dari Bandung, jadi kecil kemungkinan dirinya untuk berlaku curang dan memilih kerabat yang memiliki hubungan dengannya, baik Bapak lanjutkan ya, mulai hari Minggu ini, Bapak akan membuka kelas untuk kalian yang ingin berlatih sampai hari seleksi nanti.”, lalu ada yang bertanya lagi, “Seleksinya kapan Pak?”, Pak Dimas pun menjawab “Seleksinya akan diadakan tepat bulan depan, 30 Maret 2032. Jadi jika kalian berminat langsung datang ke ruangan Bapak, Bapak tunggu sampai jam 3 sore ini. Sepertinya itu saja yang ingin Bapak sapaikan, jadi siapkan diri kalian agar bisa terpilih oleh Ricky Astori, wassalami’alaikum warrohmatullohi waa braokatuh”, tutup Pak Dimas yang langsund dijawab oleh seluruh peserta upacara “Wa’alaikumsalam warrohmatullohi waa barokatuh”. Pemimpin upacara pun tak lupa untuk menyiapkan barisan “TEGAAAAK GRAAAK!”. Selesai upacara, Anto menjadi sangat semangat untuk

Suasana sekolah menjadi riuh karena pemberitahuan yang disampaikan oleh Pak Dimas di upacara tadi. Anto pun yang sedang berkumpul bersama teman-temannya sedang membicarakan hal tersebut.

Anto: “Lu ikutan ga Del?”

Delvi: “Tau nih, gw sih pengen ikutan, tapi bakalan lolos ga ya?”

Anto: “Ikutan aja dulu, lolos apa ngga nya urusan nanti”

Andi: “Gw kayanya ga ikutan deh, gw kan ngefansnya sama Hidetoshi Zago”

Anto: “Ya gw sih emang ngefans sama Ricky Astori, makanya gw semangat banget nih!”

Andi: “Ah kenapa bukan Hidetoshi aja sih yang nyeleksi?”

Anto: “Ya makanya lu ikutan aja dulu, siapa tau lu bisa lolos terus lawan timnya Hidetoshi”

Delvi yang sedari tadi sibuk main gadgetnya pun langsung semangat menyetujui omongan Anto.

Delvi: “Bener To! Gw juga kan ga ngefans sama Ricky Astori, tapi bisalah kalo gw lolos gw ngelawan tim idola gw”

Anto: “Emang idola lu siapa Del?” Tanya Anto dengan heran.

Delvi: “Gw ngefansnya sama Yosi Tommasi, di Ambon Manise larinya ga kekejar, sayang aja temen-temen setimnya ga sejago dia”

Andi: “Yaudah gw ikutan deh, terus kita daftarnya kapan?”

Anto: “Ya sekarang aja!”

Delvi: “Yaudah ke ruangan Pak Dimas yuk”

Anto dan Andi pun langsung bangun dengan semangat menuju ruangan Pak Dimas.

Tap Benteng: Indonesia, Tap Benteng dan Anto

Setelah lengsernya Presiden ke 11 yang diturunkan oleh kedigdayaan kekuatan asing, akhirnya tongkat kekuasaan diemban oleh seorang laki-laki yang sudah tidak asing lagi bagi anak-anak Indonesia, yaitu sosok laki-laki yang biasa disapa Kak Seto. Kak Seto yang akhirnya terjun ke dunia politik berhasil maju menjadi Wakil Presiden periode 2028 – 2033.

Setelah 4 tahun menjadi Wakil Presiden, Kak Seto banyak menelurkan ide-ide segar untuk mengembangkan dunia anak-anak. Salah satunya adalah ketika Kak Seto menjadi peran utama dalam pembentukan olehraga baru yang kini sangat dgandrungi oleh sebagian besar rakyat Indonesia, yaitu Tap Benteng. Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 6 orang. Cara bermainnya adalah saling memancing lawan untuk keluar dari bentengnya masing-masing, lalu saling menyentuh lawannya sehingga sang lawan tidak lagi memiliki power dan dibawa ke benteng masing-masing yang berhasil menyentuh lawannya. Dalam menyentuh lawan, peserta yang durasi memegang bentengnya lebih lama tidak boleh menyentuh lawan yang baru saja menyentuh bentengnya sendiri. Pemenang akan ditentukan jika ada lawan yang berhasil menyentuh benteng lawannya. Peserta yang belum disentuh lawannya masih bisa menghidupkan kembali temannya dengan cara menyentuhnya yang tela tersandera di benteng lawannya. Setiap peserta dibekali alat parameter energi untuk melihat perbedaan energi peserta yang tergantung dari durasi memegang benteng masing-masing. Peserta Tap Benteng memakai kostum berupa sepatu, celana pendek dan jersey yang didesain maisng-masing tim.

Kak Seto mempopulerkan Tap Benteng dikarenakan beliau khawatir kurangnya permainan yang melibatkan fisik untuk anak-anak. Karena BPS telah merilis data bahwa anak-anak kelahiran tahun 1995 – 2012 memiliki otot yang kurang terbentuk sempurna dikarenakan kurangnya olahraga fisik yang dilakukan, semua dikarenakan menjamurnya gadget yang membuat anak-anak lebih senang menundukkan kepala dan bermain game di gadgetnya ketimbang bermain di tanah lapang.

Kak Seto memiliki strategi yang cerdas, yaitu tidak memusatkan Tap Benteng untuk anak-anak, tapi justru orang dewasa lah yang pertama kali mempopulerkan permainan ini. Karena menurutnya jika permainan ini dimainkan oleh orang dewasa, maka denan begitu anak-anak akan memiliki idola baru dalam dunia olahraga. Kini makin banyak anak-anak yang meninggalkan gadgetnya dan mulai giat berlatih untuk menjadi atlit Tap Benteng. Karena kini olahraga Tap Benteng telah memiliki induk olahraga yang jelas, turnamen yang rutin dan telah menjadi industri tersendiri di bidang olahraga, dan hampir menggeser sepak bola dan bulutangkis sebagai olahraga yang paling digemari di Indonesia.

Untuk menjaring atlit-atlit baru, PERTABSI (Persatuan Tap Benteng Seluruh Indonesia) sering menggelar turnamen Tap Benteng yang diikuti oleh bibit-bibit muda yang berumur 10 – 13 tahun, karena untuk menjadi atlit profesional, umur paling mudanya adalah 15 tahun.

Anto, remaja berumur 11 tahun merupakan penggemar Tap benteng semenjak diajak ayahnya yang bernama Suyatman menonton pertandingan Tap Benteng di Gelora Bung Karno. Saat itu tim langganan juara, Harimau Jakarta harus mengalahkan tim bebuyutannya Singa Bandung dalam babak final kejuaraan Tap Benteng Nasional. Saat itu Anto masih berusia 6 tahun dan dirinya langsung jatuh cinta pada olahraga yang saat itu baru berusia 10 tahun. Semenjak saat itu Anto yang sangat gemar memainkan gadget canggihnya tiba-tiba sangat berhasrat untuk menjaid atlit Tap Benteng Nasional.

Anto merupakan anak keuturunan Jawa Tulen yang merupakan keluarga yang tidak bisa dibilang miskin tapi tidak bisa dibilang kaya raya juga. Karena ayahnya merupakan pekerja seni di bidang film dan ibunya merupakan seorang dosen di universitas terkemuka di Jakarta. Anto memiliki idola di Tap Benteng, yaitu Ricky Astori, atlet Tap Benteng asal klub Singa Bandung. Banyak sekali poster Ricky Astori di kamarnya, Anto pun memiliki jersey Tap Benteng yang sudah ditanda tangani Ricky pemberian ayahnya yang pernah bertemu dengan Ricky di tempat kerjanya.  Anto saat ini berusia 11 tahun dan sudah sering bermain Tap Benteng bersama teman-teman sebayanya, Anto dikenal sangat cepat dalam berlari tapi juga mudah tersentuh oleh lawannya karena Anto kurang memiliki skill untuk mengeles dari sentuhan lawan mainnya.

Ketika sedang asyik berlari dikejar oleh temannya, Anto tiba-tiba melihat ada sebuah mobil sedan berwarna hitam melintasi lapangan tempatnya bermain. Tiba-tiba mobil tersebut membuka kaca belakangnya dan terlihat seorang Ricky Astori sedang menyaksikan dirinya berlari, lalu tak lama kemudian kaca mobil itu pun tertutup kembali. Anto yang sedang asyik berlari menghindari kejaran lawannya malah berlari ke arah mobil Ricky Astori. Dengan susah payah Anto menanjak bukti kecil di lapangan tempatnya bermain hanya untuk bisa mengejar mobil Ricky Astori. Akan tetap usahanya sia-sia, karena mobil tersebut telah jauh meninggalkannya, dan tiba-tiba ada tepukan di pundak Anto.

Andi: Kena Lo To!

Sergap Andi, kawan Anto yang sedari tadi mengejarnya dengan nafas yang terengah-engah.

Anto pun tidak merespon apa-apa, dirinya hanya memandangi mobil sedan hitam Ricky Astori yang semakin menjauhinya. Setelah menyergap Anto, Andi pun meninggalkannya sendirian, sekitar 5 meter Andi meninggalkan Anto, Andi pun teriak.

Andi: To! Ntar langsung ke benteng gw ya! Lo kan udah kena

Anto masih terdiam dan mentap mobil miliki Ricky Astori, lalu bergumam kecil.

Anto: Gw harus bisa ngalahin idola gw sendiri.

– To Be Continued –

40 Achievements To Unlock in 2015!

1920250_901622443181366_7094244115597813607_n

Setelah berhasil menyelesaikan KPI 2014 yang tertunda yaitu membuat gol salto di lapangan futsal, gw akan membuat susunan achievement to unlock in 2015 yang insya Allah banyak yang bisa gw penuhin! Oleh karena itu gw yang ga lebih mahal daripada sebungkus Anak Mas ini memohon doa teman-teman sekalian untuk bisa mendoakan atau mungkin membantu gw bisa menyelesaikan beberapa achievement yang harus gw unlock di tahun ini. HAP! Ini dia list ACHIEVEMENT TO UNLOCK IN 2015 punya gw

  1. Jadi seorang AYAH

Ini kemungkinan besar akan terlaksana karena istri tercinta lagi mengandung calon anak gw yang kemungkinan besar juga berkelamin laki-laki. YEAAAAAY!

  1. Naik pesawat

YA SAYA NGAKU KALAU SAYA BELOM PERNAH NAEK PESAWAT!

  1. Buat gol salto di lapangan gede

Oke ini kemungkinan sulit, karena yang di lapangan futsal aja kesampeannya lama banget, apalagi lapangan gede!

  1. Pakein popok ke anak sendiri

Ini harus bisa gw lakuin sih, dan kemungkinan akan mudah gw lakuin nyahahahahaha.

  1. Bawa mobil ke luar kota (Bekasi ga masuk itungan)

Karena baru punya SIM A, gw harus bisa bawa mobil ke luar kota, ya minimal Bandung laaah.

  1. Selfie sama Dorce Gamalama

Beliau adalah icon penting di Indonesia, jadi ga ada salahnya kalo hal kaya gini gw masukin list.

  1. Dinner sama istri tercinta ketika anniversary 1 tahun

Sebagai suami yang baik nan ganteng, gw harus bisa bahagiain istri, pokoknya dinner 1st anniversary ini wajib sih, dan gw Cuma punya 1 kesempatan untuk ngelakuin hal ini.

  1. Ada pemasukan 20 juta dalam sebulan

Minimal dari 12 bulan ini, gw ngerasain ada duit 20 juta masuk ke rekening. Duit pribadi, bukan duit titipan.

  1. Ngajak orang tua dan mertua mancing bareng

Ini seru sih kayanya, apalagi bokap sama mertua gw doyan mancing, oke ini harus terlaksana.

  1. Bikin 1 film pendek (di atas 5 menit)

Ini wacana mulu, harus jadi ah pokoknya.

  1. Start up!

Punya banyak ide sama konsep tapi ga jalan-jalan usahanya, tahun ini harus jalan start up nya!

  1. Nemenin istri pas lahiran

Walaupun gw ga lebih mahal dari Anak Mas, gw wajib nemenin istri pas lahiran, ga boleh pingsan, ga boleh ambruk.

  1. IPS di atas 3

Yoi dengan otak yang sangat cemerlang pemberian Tuhan ini gw akan usahain buat dapet IPS di atas 3!

  1. Ngepost di Kecambah Otak lebih dari 50 postingan (Ga termasuk postingan UNLOCK ACHIEVEMENT)

Mau itu ngepost soal UNEG kek, RIFIW kek, atau yang lain, pokoknya gw harus bisa ngepost lebih dari 50 postingan di Kecambah Otak.

  1. Nonton lebih dari 50 film

Harusnya sih dari awal tahun udah gw itungin, tapi sayang ga keinget, oke mulai hari ini, film yang gw tonton akan gw inget dan RIFIW.

  1. Nonton 3 konser musik

Ini wajib, ya minimal 3 lah, masa iya ga sama sekali.

  1. Masakin istri tercinta

Harus bisa ah, 1 masakan aja deh, bisa dong ya, bisa kan?

  1. Bikin cerpen terus masuk media cetak

Kata temen gw yang namanya Edi sih bisa, yaudah gw masukin deh.

  1. Bikin sesuatu yang viral

Ya apa kek, mau itu tulisan, foto atau video. Harus ada yang viral tahun ini dari gw hahahaha.

  1. Foto keluarga

Iya nih gw belom ada foto keluarga bareng bokap nyokap, tahun ini harus tercapai lah yaa.

  1. Selfie bareng pemain Timnas

Ya siapa aja deh, mau itu cadangan mati juga ga –apa-apa, asal oemain timnas.

  1. Bisa bawa mobil matic

Selama ini kan gw bawanya mobil manual, nah harus bisa lancar pake mobil matic, minimal ya masuk mall laah.

  1. Naek gunung

Iya ah gw masukin naek gunung ke dalem list, mudah-mudahan ada waktunya.

  1. Bisa berenang

IYA GW GA BISA BERENANG! SALAH?

  1. Bisa nyiptain lagu sendiri pake gitar

Ini susah nih, selain ga bisa main gitar, suara pun ga ada cakep-cakepnya, tapi ga ada salahnya buat di coba lah yaa.

  1. Berat akhir tahun ga boleh lebih dari 70 kg

Sekarang aja udah mau nyentuh 80, turun sekilo aja susahnya minta ampun, jadi akhir tahun berat badna ga boleh lebih dari 70 kg.

  1. Numbuhin jenggot

Ya mau pake apa kek, gw harus ngerasain rasanya punya jenggot yang lebat. Kalo sekarang kan jenggot gw Cuma selembar-selembar, sedih banget liatnya.

  1. Ngapalin nama asli Bangkok

Banyak yang belum tau kan kalo kota Bangkok nama aslinya panjang banget, nah itu bakal gw apalin. Hahahaha

  1. Ngantor naik sepeda

Masa sih dalam setahun ini ga bisa ke kantor naik sepeda? Bisa lah yaaaa.

  1. Punya web series sendiri, yaa minimal 10 episode laaah

Dulu pernah punya, tapi ga jalan, nah inilah saatnya menunjukkan pada dunia betapa banyaknya wacana yang ada di kepalakuuuuuuw.

  1. COSPLAY!

Lucu kali ya kalo gw cosplay, jadi apa kek gitu, jadi mojacko mungkin.

  1. Nyomblangin temen sampe nikah

Ini sih sebenernya susah-susah gampang, tapi apalah yang tidak mungkin? Bukan begitu Rudolfo?

  1. Camping berdua istri

Wah ini kalo kesampean sih akan keren banget! Mudah-mudahan bisa yaaa

  1. Frank’s ngumpul dan ngeband, walaupun Cuma sejam

GW SIH YAKIN INI GA BAKAL KESAMPEAN, TAPI YA USAHA DULU BOLEH KALI

  1. Foto bareng orang Thailand

Wah ini keren kalo kesampean! Hahahaha

  1. Bikin video bareng orang Thailand

Wah ini bisa sekalian sama yang nomer 35.

  1. Mandiin anak sendiri

Ini sih wajib banget gw penuhin!

  1. Diving

Berenang aja ga bisa, mau sok-sokan diving.

  1. Baca 20 buku

Kenapa baru kepikiran?? Oke gw harus berhasil baca 20 buku!

  1. Keluar negeri bareng istri

Yeaaaay mudah-mudahan terlaksana!

Oke kayanya cukup 40 list aja, karena 10 aja belom tentu terlaksana. Jadi kalo ada pihak yang ingin membantu gw buat ngelaksanain 1 atau 2 atau 3 atau 30 list di atas, silahkan aja ya, hubungin gw di nomor Mr Gepeng di 999-9999.

Salam hormat saya penunggang kuda dari Slovakia.

NAHILIP UTI PUDIH

6

Hidup itu pilihan. Satu kalimat dengan susunan 3 kata yang sangat simpel. Tapi di balik tiga kata itu tersirat banyak makna dan tujuan. Ih gile bahasa gw berat!

Iya memang HIDUP ITU PILIHAN. Sebagai makhluk vertebrata dengan kapasitas otak yang melebihi seekor musang, gw suka banget sama tiga kata itu. Karena selama ini gw selalu bertarung dengan pilihan-pilihan yang membuat gw bisa ada di tempat gw sekarang ini. Dengan kondisi gw udah menikah dengan seorang perempuan cerdas yang lagi siapin nyali dan mental buat ngelahirin calon anak kami nanti, sebagai pekerja sosial media officer yang lagi sibuk belajar apa itu dunia digital, sebagai mahasiswa pascarsarjana yang belum tau kuliahnya akan selancar belah tengahnya Alam Mbah Dukun atau ngga. Yak, tiga predikat yang harus nempel di pribadi gw, seorang suami, karyawan dan mahasiswa.

Banyak pilihan sebelum akhirnya gw memutuskan untuk menikah. Bukan pilihan perempuan yang akan gw nikahin tapi pilihan kesempatan-kesempatan baru jika aja gw ga jadi nikah. Sempet iri ketika gw liat banyak temen gw ngabisin uang dan waktunya untuk sebuah pengalaman seru dengan travel ke tempat-tempat keren. Atau kesempatan lain seperti gw berani untuk jadi entreprenuer yang kalopun gw gagal gw ga akan bikin susah siapa-siapa karena gw masih bujangan. Tapi akhirnya gw milih untuk bulatkan tekad untuk menikah dan melepas keperjakaan gw. Ga apa gw ga mengunjungi tempat ciptaan Allah di belahan bumi lainnya, karena gw yakin menikah juga bukan pilihan buruk untuk dijalanin. Istri gw pun orang yang suka ngedatengin tempat-tempat baru, jadi kelak gw dan istri gw atau mungkin sama anak gw nanti bisa traveling ke tempat keren, jadi gw ga harus nyeritain ke anak-anak gw gimana indahnya bumi Indonesia atau negara lainnya, tapi biar anak gw yang akan ngerasain sendiri. Gw yakin kok hal itu bakal kejadian.

Terus sebagai pekerja yang kerjanya maen FB sama Twiter, gw ngerasa INI ADALAH PILIHAN YANG SANGAT TEPAT! Ya sangat tepat, setelah sebelumnya bekerja di kantor dengan orang-orang yang sangat baik dan asik, sekarang gw pindah ke sebuah “atap gaji” yang menurut gw SANGAT ASYIK untuk didiami, dan juga orang-orang berbakat lainnya yang ga kalah asik. Selain banyak ilmu tentang dunia digital yang gw dapet di sini, gw juga ngerasain apa itu kerja dengan suasana yang sangat asyik. YA SANGAT ASYIK! Suasana yang belum pernah gw dapetin di dua kantor gw sebelumnya. Pilihan ini sangat gw syukuri walaupun ada beberapa hal yang harus berkurang, tapi memang sangat ada hal yang ga bisa dibayar pake uang.

Dan sebagai mahasiswa pascasarjana, ini sebenernya pilihan yang cukup mendadak, karena sebenernya kondisi gw belum kondusif untuk kuliah, pertama gw baru nikah, kedua keuangan belum selancar Bill Gates, ketiga itu sebelum keempat. Tapi berkat dukungan istri solehah gw, gw beraniin ambil pilihan untuk kuliah lagi, ya siapa tau abis lulus gw dapet tawaran ngajar di Hogwarts. Apalagi katanya di Hogwarts belum ada mata pelajaran sosial media sihir.

Gw sangat bersyukur sama keadaan gw sekarang, walaupun banyak kurang sana sini, banyak keribetan sana sini, banyak korupsi dimana-mana, banyak juga jomblo yang masih merindukan pacar, gw tetep happy sama semua pilihan gw. Jadi APAPUN ITU PILIHAN KITA, PASTI ADA RAHASIA BESAR YANG BISA KITA SYUKURI DI MASA DEPAN. Haseeeek.

Bersyukurlah dengan “HIDUP ITU PILIHAN”, seenggaknya kita masih dikasih kesempatan buat milih, daripada “HIDUP ITU ESSAY”, mau diapain coba ini hidup kalo kita belum banyak belajar?

Salam hangat dari saya, pengagum setia Mbak Waldjinah.

Credit Ilustrasi www.leadingmenonly.com